Ternyata Inilah Amalan Mujarab untuk Sukses Usaha dan Dagang

Sebagai seseorang yang melakukan bisnis atau berdagang, maka penting untuk mengetahui amalan sukses usaha dalam kegiatan sehari-hari. Faktanya, amalan tersebut memang berpengaruh secara langsung maupun tak langsung terhadap perniagaan.

amalan sukses dagang

Inilah 8 Amalan Sukses Usaha untuk Perdagangan yang Ampuh Dilakukan

Agar tak lalai dalam berdagang sesuatu yang baik dan memberikan berkah, maka berikut adalah beberapa amalan supaya sukses usaha.

1. Bangun Pagi dan Berdoa Pagi

Siapa sangka, hal sederhana yang satu ini bisa menjadi salah satu amalan penting dalam perniagaan. Ya, bangun pagi ketika matahari belum terbit dan berdoa adalah kuncinya.

Dalam setiap kepercayaan, pagi dinilai mampu memberikan energi positif dengan udara segar dan pengendalian mental yang seimbang. Karena itulah beberapa budaya mengibaratkan jika bangun kesiangan maka rezekinya bisa dipatok ayam.

Maksud dari pepatah ini salah satunya berhubungan dengan kompetisi. Seseorang yang membuka dagangannya pagi hari setelah berdoa, bisa mendapat first customernya lebih awal.

2. Menyucikan Diri

Bersuci adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan Tuhan, baik secara fisik maupun spiritual. Ketiga berdagang, tentu seseorang tidak bisa selalu beribadah secara harfiah.

Akan tetapi, batinnya bisa selalu terisi dengan doa, apabila menjaga kesucian dan kebersihan diri serta pikirannya. Inilah yang menjadikan kegiatan penyucian secara fisik dan mental merupakan salah satu amalan sukses dagang yang digunakan sejak lama.

3. Menjaga Hubungan Baik dengan Tersenyum

Siapa sangka, hal sepele yang satu ini bisa menjadi magnet rezeki bagi para penggiat niaga. Ternyata, senyum dan keramahtamahan saat melayani pelanggan juga berpengaruh pada kesuksesan dagang.

Pada umumnya, pelanggan lebih suka penjual yang ramah dan tidak memandang kaya atau miskin. Senyum yang sederhana dan tulus akan terbaca jika seseorang benar-benar bersemangat menggeluti usahanya.

4. Tidak Menimbun Barang

Meskipun terdengar sederhana dan biasa saja, tetapi kegiatan menimbun ternyata memberikan banyak sekali kerugian. Pertama, jika barang tersebut bisa busuk, maka penjual harus menanggung rugi apabila tidak laku.

Kedua, apabila barang tersebut tidak busuk, tetap harus dirawat dan dapat mengalami penyusutan sebelum terbeli. Akibatnya, focus berjualan akan berkurang karena terlalu banyak dipakai untuk merawat berbagai timbunan barang.

5. Jujur Bertransaksi

Kejujuran sebenarnya merupakan suatu hal yang harus dimiliki semua orang. Jujur dalam bertransaksi dagang misalnya, adalah kunci kepercayaan konsumen terhadap penjual.

Antara barang yang dijual, sebaiknya tidak ada perbedaan kualitas. Jikapun ada, maka harganya juga harus dibedakan dan dijelaskan di awal.

Jangan pula melakukan sumpah penjaminan kualitas, padahal barang tersebut bersifat fluktuatif. Jadi, sebaiknya jelaskan hal-hal yang bisa berubah dan tidak sama tiap itemnya, sehingga tidak mengecewakan.

Apabila ada barang yang mengalami penurunan kualitas, maka harganya pun harus diturunkan. Jelaskan kekurangannya hingga pembeli tak merasa tertipu, dan mendoakan balik toko yang bersangkutan.

Lalu, lakukan pula berbagai amalan supaya sukses usaha lainnya untuk memaksimalkan kelapangan dalam berniaga.

6. Jangan Mengurangi Takaran dan Timbangan

Keuntungan dari mengurangi takaran atau timbangan sangat tidak sebanding dengan dosanya. Apalagi, jika sudah dikaitkan dengan kepercayaan konsumen.

Amalan sukses dagang yang berikutnya adalah selalu pastikan timbangan dicek sebelum dipakai. Jangan sengaja mengurangi takaran atau timbangan karena sangat merugikan konsumen.

Bisa jadi, keuntungan yang diperoleh hanya 10% saja, namun pelanggan akan pergi ke penjual lain yang tentu lebih jujur.

7. Berikan Bonus dan Berdermalah

Bonus dan derma tidak harus berupa memberi pada fakir miskin. Pelanggan yang sekiranya dekat dan masih kekurangan juga perlu diberi sedekah.

Bonus bisa membalut derma dengan harga diri dan keramahtamahan. Hal ini juga dapat membuat amalan sukses usaha dagang yang dilakukan tidak terlalu tampak dan membuat malu penerimanya.

Ya, tidak selalu seseorang suka diberi sedekah, meskipun sangat membutuhkannya. Dengan membungkusnya menggunakan label “bonus pembelian” atau sejenisnya, maka harga diri seseorang pun bisa terselamatkan.

Apabila menutup aib orang, aib sendiri akan ditutup. Itulah hal yang sangat penting dipahami dan dijadikan landasan hidup setiap orang.

Jadi, sedekahlah menggunakan tangan kanan hingga tangan kiri pun tak mengetahuinya. Itu adalah hal yang sangat bermakna bagi pengusaha kecil dan besar.

8. Mengingat Pencipta Setiap Waktu

Mengingat pencipta seharusnya dilakukan siapa saja, dalam kepercayaan apa saja. Faktanya, bukan hanya pedagang saja yang harus melakukan kegiatan ini, tetapi juga semua orang.

Namun, siapa sangka, terus mengingat Tuhan adalah amalan sukses usaha dagang yang satu ini bisa memberikan lebih banyak berkah? Ya, hal ini merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan dengan baik dan amanah untuk perniagaan penuh berkah.

Di antara amalan sukses usaha di atas, tentu ada yang lebih mudah dilakukan dan cukup sulit dilakukan bagi sebagian orang. Jadi, setiap penjual dapat memilih mana yang menurutnya lebih mudah untuk dilakukan terlebih dahulu agar dapat meraih kesuksesan dalam berdagang.

.

Konsultasi SERIUS dengan Pakarnya Ki Sabrang Alam, Silahkan Hubungi Kontak di Bawah ini :

081 226 888 103 ( WA / Telpon / SMS )